Tuesday 15 April 2014

Kabupaten Agam


Kabupaten Agam, adalah salah satu Kabupaten dari 19 Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten yang  disana terdapat laut, gunung, bukit, danau, sungai, tebing dan kekayaan alam lainnya.

Kabupaten Agam, secara admimistrasi pemerintahan terdiri dari 16 Kecamatan dan didalamnya terdapat 82 Nagari, yang disanalah tumbuh subur berbagai macam jenis varietas tanaman untuk pertanian dan perkebunan.

Kabupaten Agam, disanalah tempat lahirnya sekian banyak tokoh-tokoh bangsa ini. Hamka, Agus Salim, Siti Manggopoh, Rasuna Said, Rohana Kudus dan banyak nama beken lainnya.

Kabupaten Agam, disanalah terbentang lukisan alam yang sangat indah, Ngarai Sianok, Danau Maninjau, Pantai Bandar Mutiara, Puncak Lawang, Air Terjun Badorai, Aia Tigo Raso, Ambun Tanai, Ngalau Kamang dan masih banyak tempat wisata alam lainnya baik yang sudah dikelola maupun yang belum terkelola dengan baik.

Kabupaten Agam, disanalah terletak banyak peninggalan sejarah masa lalu, Museum dan Rumah Kelahiran Buya Hamka, Gobah di Pantai Tiku, Makam dan Perpustakaan Syekh DR. H. Abdul Karim  Amarullah (Inyiak Rasul) dan lain sebagainya.


Kabupaten Agam, disanalah Luak Agam, yang Aia nyo karuah, Ikannyo  lia, Buminyo paneh, binatangnyo harimau (Air nya keruh, ikannya liar, Buminya panas, binatangnya Harimau) yang hal tersebut menggambarkan susunan masyarakat, penduduk, lingkungan serta sifat dan karakter orangnya.

Tapi....

0 comments:

Post a Comment